Saring Sebelum Sharing (1Tesalonika 5:21-22)

Kota Tesalonika merupakan kota terbesar di wilayah Makedonia, sekaligus menjadi ibukota provinsi tersebut. Kota ini merupakan kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan dan komunikasi dan informasi. Kondisi ini menjadikan Tesalonika menjadi tempat persinggahan bahkan menjadi tujuan dari berbagai latar belakang bangsa dan kebudayaan.
Dengan posisi yang demikian strategis, salah satu tantangan sekaligus juga ancaman bagi kehidupan masyarakat, khususnya gereja, pada saat itu adalah melimpahnya informasi. Informasi yang melimpah bisa memberikan kesempatan yang juga melimpah bagi pengembangan kehidupan sosial, ekonomi, dan spiritualitas masyarakat. Namun disisi lain limpahan informasi dapat membawa petaka tatkala tidak mampu membedakan mana informasi yang benar dan yang salah. Untuk alasan inilah Paulus menasehati jemaat di Tesalonika untuk menguji segala sesuatu dan memegang apa yang baik dan menjauhi yang jahat (ay. 21-22).
sumber: techtalk.gfi.com
Informasi yang kita miliki pada masa kini dengan dukungan teknologi internet menjadi lebih melimpah lagi. Persoalannya masih sama yaitu informasi yang benar dan yang salah berbaur menjadi satu. Nasihat Paulus kepada jemaat Tesalonika menjadi sangat relevan di zaman informasi saat ini. Kita perlu menguji apakah suatu informasi itu benar atau salah. Sayangnya ephoria limpahan informasi membuat kita ingin cepat dan pertama membagikan informasi, sehingga tidak ada waktu untuk menguji apakah suatu informasi itu benar atau salah. Terlalu cepat membuat kita kurang cermat. Moto “saring sebelum sharing” seharusnya menjadi moto generasi yang hidup di zaman ini. Jika tidak, maka kita akan menjadi orang-orang yang gagal bertahan di zaman ini karena tenggelam oleh lautan informasi. Karena itu, marilah kita menjadi orang yang bijaksana yang punya waktu untuk menguji informasi sehingga tahu informasi yang benar dan yang salah, memegang yang benar dan menjauhi yang salah.
Renungkan apa dampaknya bagimu dan bagi orang lain jika menerima dan meneruskan informasi yang salah?